..Hubungi kami jika ingin script iklan Anda di Sini....

Senin, 12 Agustus 2024

Patch Update e-Faktur 4.0 untuk Error "unregistered Jar2Exe and it has expired to run for DEMO use"

Sejak Sabtu siang, 10 Agustus 2024, jagat maya diramaikan dengan problem yang dihadapi oleh para Wajib Pajak yang akan mengakses aplikasi e-Faktur 4.0. Para Wajib Pajak mengeluhkan tidak dapat membuka aplikasi e-Faktur versi 4.0, karena muncul notifikasi (pop up menu) "This program is generated by unregistered Jar2Exe and it has expired to run for DEMO use".

Pada awalnya sempat beredar dalam pesan di salah satu media sosial, sebuah panduan yang dibuat oleh KPP Madya Dua Bandung (KPP 459). Dalam panduannya ini disebutkan cara sementara untuk mengakali masalah error yang terjadi ini adalah dengan cara: dengan mengganti Waktu pada PC/laptop ke waktu pagi, disarankan sebelum jam 12 siang tanggal 10 Agustus 2024 (setting waktu dan tanggal dengan cara klik kanan tampilan jam/tanggal pada pojok kanan bawah komputer lalu pilih "Adjust date time" lalu matikan "set time automatically" dan klik tombol "Change" untuk mengubah jam dan tanggal). Setelah itu bukalah aplikasi e-Faktur 4.0 dan "running as usual". Setelah aplikasi e-Faktur 4.0 telah terbuka maka dapat kembali disesuaikan waktunya menjadi otomatis atau dibiarkan sementara seperti itu.

Namun cara di atas ini hanyalah cara darurat dan sementara karena, karena trik yang diberikan ini bukanlah solusi permanen.

Cara Mengatasi Error "unregistered Jar2Exe and it has expired" e-Faktur 4.0

Sehari setelahnya (11 Agustus 2024) DJP meluncurkan installer aplikasi e-Faktur terbaru versi 4.0.0.1 berikut patch update-nya. Wajib Pajak dapat mengunduh installer terbaru versi 4.0.0.1 melalui situs resmi DJP di https://installer-efaktur.pajak.go.id/

Sedangkan bagi Wajib Pajak yang telah menginstall aplikasi e-Faktur versi 4.0, maka cara memperbaharui aplikasi e-Faktur ini adalah melalui 4 langkah sebagai berikut.

1. Langkah 1: Unduh Patch Update e-Faktur 4.0

Wajib Pajak dapat mengunduh (download) patch update e-Faktur 4.0 ini melalui menu pada https://installer-efaktur.pajak.go.id/ dan pilih di kelompok nomor 2 dengan menyesuaikan jenis Operating System (OS) pada komputernya, seperti tampak pada gambar berikut:

Link Patch Update Aplikasi e-Faktur 4.0 dapat diakses sebagai berikut:

Windows 32 bit Download disini
Windows 64 bit Download disini
Linux 32 bit Download disini
Linux 64 bit Download disini
Mac JAR 64 bit Download disini

2. Langkah 2: Ekstrak File Patch Update Hasil Unduh

Setelah Patch Update Aplikasi e-Faktur 4.0 yang sesuai dengan spesifikasi Operating System komputernya diunduh (download) kemudian ekstrak file hasil unduh yang akan menghasilkan 3 (tiga) file berekstensi *.exe atau tipe application, yaitu file: ETaxInvoice, ETaxInvoiceMain, dan ETaxInvoiceUpd.

3. Langkah 3: Copy and Replace File Patch Update Hasil Ekstrak

Salin (copy) ketiga file hasil ekstrak pada Langkah 2 tersebut di atas, kemudian tempel (paste) pada folder e-faktur 4.0 yang selama ini dipergunakan (existing) sehingga menimpa (replace) file yang lama.

4. Langkah 4: Pastikan Tanggal Ketiga File Hasil Replace adalah tanggal 11 Agustus 2024

Pastikan ketiga file exe di folder e-faktur 4.0 yang sudah di-copy dan replace pada langkah 3 di atas sudah tertanggal 11/08/2024 (date modified).

Setelah keempat langkah ini telah dilakukan, maka aplikasi e-Faktur 4.0 sudah dapat dijalankan secara normal.

Berikut ini manual panduannya:

Semoga inofrmasi ini bermanfaat bagi Pembaca Setia Tax Learning.

0 Comments

Posting Komentar